Tutorial Cara Merubah atau Mengganti Subtitle Film atau Movie dari Bahasa Inggris ( English ) ke Bahasa Indonesia Cepat dan Mudah, cara ini juga bisa digunakan pada pada semua bahasa ke bahasa yang dituju dengan menggunakan Notpad dan Google Translate. Bagi penggemar film atau movie dari luar negeri, pastinya sangat senang bukan jika kalian menonton dengan subtitle yang pas dan mudah dimengerti, lalu bagaimana jika menemukan sebuah film yang tidak memiliki subtitle yang pas untuk kita mengerti? haruskah menunggu sekian bulan dan sekian tahun agar subtitle tersebut diterjemahkan, oke sekarang jangan ragu lagi mari terjemahkan langsung subtitle tersebut dengan cara yang sangat sederhana.

Pertama dan hal yang paling utama adalah berdoa terlebih dahulu agar lancar dalam menerjmahkannya.
1. Siapkan sebuah file subtitle yang akan kita terjemahkan, biasanya subtitle tersebut mengunakan format (.srt).

2. Kemudian buka aplikasi Notepad anda yang berada pada komputer atau laptop anda.


3. Setelah mendapatkan subtitle yang akan diterjemahkan dan telah terdapat Notepad yang telah di buka, maka selanjutnya tarik ( Drag ) subtitle tersebut kedalam Notepad seperti gambar diatas.

4. Setelah kata-kata atau kalimat yang akan kita terjemahkan muncul dalam notepad, selanjutnya blok dan copy semua kalimat atau kata-kata yang akan diterjemahkan tersebut dengan cara tekan CTRL+A lalu CTRL+C, dan setelah di copy jangan tutup notepad tersebut, karena hasil dari terjemahan yang kita terjemahkan akan diletakan di notepad tersebut dan JANGAN membuka lembar kerja notepad yang baru.



5. Setelah itu buka browser anda kemudian buka halaman web google translate (www.translate.google.com) setelah itu tempelkan atau Paste kata-kata atau kalimat yang telah kita copy sebelumnya, pastekan di dalam google translate, lalu terjemahkan bahasanya sesuai dengan keinginan anda.



6. Setelah hasil terjemahanya muncul maka anda bisa, maka copy semua hasil terjemahan yang ada tersebut, tempelkan kedalam notepad yang telah kita buka sebelumnya.


7. Selanjutnya kita harus mengganti tanda tulisan (->) menjadi (-->) karena ketika kita terjemahkan di google translate strip yang ada diawal terdapat 2 strip  (-->) maka ketika kita terjemahkan ke google translate stripnya aka berkurang menjadi 1 strip (->), sehingga kita harus merubahnya kembali agar sama seperti awalnya (-->).

8. anda bisa merubah semua tanda 1 strip (->) menjadi 2 strip  (-->) menggunakan microsoft word atau langsung pada notepadnya, dengan cara Replace All, caranya tekan CTRL+H.

9. Setelah tanda strip kembali seperti semula, dan telah ditempelkan atau di paste pada notepad yang telah kita buka di awal tadi maka selanjutnya simpan denga cara tekan CTRL+S atau seperti gambar di bawah ini:



10. Setelah disimpan maka selesai, kini anda bisa menikmati hasil terjemahan subtitle anda sendiri tanpa harus menunggu seseorang untuk menerjemahkannya dan meng-Upload-nya.

11. Dan ada cara yang lebih mudah lagi yaitu dengan cara merubah format atau esitensi file subtitle yang akan diterjemahkan dari (.srt) ke (.txt), setalah eksitensinya dirubah maka kunjungi halaman google translate dan tekan tulisan "terjemahkan dokumen" seperti gmbar di bawah ini: dan silahkan diterjemahkan sesuai dengan keinginan anda lalu rubah kembali eksitensinya dari (.txt) menjadi (.srt).



selamat menikmati film yang kalian suka, dan semoga dapat membantu anda terima kasih telah berkunjung.


Label:

Post a Comment

- Mohon Maaf Apa Bila isi Konten Yang Kami Berikan Masih Terdapat Kekurangan dan Kesalahan
- Apabila Terdapat Kesalahan Dalam isi Konten Harap Berikan Komentar Anda Agar Segera Kami Perbaiki
- Berkomentarlah Dengan Bijak, Sesuai Dengan Pokok Bahasan Konten
- Sebelum Bertanya Harap Lihat Terlebih Dahulu Pada Komentar Sebelumnya
- Dilarang Menyisipkan Iklan, Link Aktif ataupun Link Mati, Promosi, dan Sebagainya.

...Terima Kasih Telah Berkunjung...

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.